Waspada! Inilah Penyembab Rem Sepeda Motor Menjadi Tidak Pakem

Posted on

Sepeda motor merupakan kendaraan beroda dua yang sangat banyak di gunakan oleh banyak orang mulai dari orang tua, anak muda bahkan saat ini anak yang masih belum cukup umurpun sudah banyak yang mengendrai sepeda motor. Pada hal mengendarai sepeda motor bagi anak – anak yang belum cukup usianya itu sangat tidak menar dan dampaknyapun juga tidak baik. Maka sudah seharusnya saat ini para orang tua supaya selalu mengawasi anak – anaknya di dalam masalah mengendarai sepeda motor.

Sepeda motor memang memiliki banya sekali fungsi dan dengan adanya sepeda motor sendiri akan lebih membiuat seseorang lebih mudah untuk melakukan aktivitasnya  seperti bekerja, berpergian ke suatu tempat dan masih banyak lagi yang dapat dilakukanya. Dan di saat ini banyak orang yang sudah memiliki sepeda motor dengan berbagai merk, kualitas, warna , bentuk yang berbeda – beda. Dan  Banyak orang yang memiliki sepeda motor karna beberapa faktor dan alasan ada yang membeli sepeda motor yang akan digunakan untuk bekerja,Traveling, Bisnis carter, untuk sekolah dan masih banyak lagi faktor dan alasan yang lainya.

Rem Sepeda Motor

Di zaman yang moderen seperti saat ini, sepeda motor dapat dibilang bukan barang yang mewah lagi, hal tersebut dikarnakan hampir kebanyakan dari kita semua sudah memilikinya terkadang jumlahnyapun lebih dari satu, dan harga sepeda motorpun saat ini cukup terjangkau tergantung merknya dan kualitasnya, maka tidak heran lagi jika banyak orang dengan berbagi kalangan dapat membelinya baik dalam kondisi yang masih baru maupun dalam kondisi yang bekas.

Rem Sepeda Motor

Dan tentunya bagi pemilik sepeda motor juga memiliki tanggung jawab untuk dapat merawat sepeda motor yang dimilikinya. Karna waktu demi waktu pasti sepeda motor yang kita memiliki pasti kondisinya akan menurun seperti habisnya kampas rem, ban yang sudah gundul, ganti oli dan masih banyak lagi. Tentunya dengan adanya kondisi tersebut pemilik sepeda motor harus lebih memerhatikan terhadap kondisi sepeda motornya salah satunya yaitu dengan melakukan servic. Karna jika hal itu dibiarkan begitu saja maka akan membuat kondisi motor akan semakin memburuk dan tentunya akan membahayakan si pengendaranya.

Rem Sepeda Motor

Termasuk salah satu ganguan sepeda motor yang harus diwaspada dan diatasi adalah masalah daya rem sepeda motor yang tidak pakeam. Rem yang kurang pakeam atau tidak pakeam ini merupakan salah satu kerusakan sepeda motor yang harus diperhatikan dengan sungguh –sungguh, karna rem yang tidak pakeam akan berdampak buruk terhadap pengendara sepeda motor itu sendiri seperti berdampak pada kecelakaan dan bahkan sampai berhujung pada kematian, tentunya hal yang seperti itu tidak ingin menimpa pada diri kita. Rem memang sengaja didesai untuk dapat menghentikan atau memperlambat laju kendaraan dan dapat menghentikan laju kendaraan sependek mungkin di dalam kondisi jalan yang bermacam – macam.

Beberapa Penyebab Daya Rem Kurang Pakem

  • Kanvas Rem Yang Hangus

Kanvas rem yang hangus ini juga sangat berpengaru terhadap kepakeman rem pada saepeda motor. Kanvas rem yang hangus biasanya disdebabkan oleg beberap faktor tertentu seperti akibat perjalanan yang terlalu jauh, kanvas yang kurang bagus atau memang biasanya disebabkan oleh karna terjadinya gesekan antara kanvas rem dengan piringan atau gesekan kanvas rem dengan tromol sehingga membuat kanvas rem menjadi hangus. Untuk mengatasi kanvas rem yang sudah hangus, sebaiknya anda mengantinya dengan kanvas yang baru.

  • Piringan yang Rusak

Dan penyebab rem kurang pakem yaitu karna terjadi kerusakan pada piringan. Kerusakan piringan biasanya disebabkan karna kanvas sampe telat untuk diganti sehingga yang tertinggal atau tersisa hanya besinya saja sehingga dampaknya adalah terjadinya pergesekan yang mengakibatkan piringan menjadi berat atau rusak, ketidak pakeman rem juga dapat disebabkan karna seringnya terjadi gesekan antara kanvas rem dengan piringan piringan yang sehingga membuat piringan menjadi rusak.

  • Permukaan Kanvas Terdapat Oli

Dan penyebab rem menjadi kurang pakem yang selanjutnya adalah karna permukaan kanvas yang terdapat oli. Apabila di kanvas rem ataupun di piringan terdapat oli hal tersebut sangat berakibat fatal terhadap masalah pengereman. Karna kondisi kanvas atau piringan yang terkena oli maka di saat melakukan pengereman rem tidak akan berfunsi secara profisional atau tidak pakem malah akan semakin licin. Maka hal tersebut sangat membahayakan bagi pengendaranydapat mengakibatkan kecelakaan atau terjatuh. Oleh sebab itu alangkah baiknya sebelum anda mengendarai sepeda motor yang anda miliki, alangkah baiknya anda untuk memeriksa terhadak kondisi rem motor anda agar tidak terjadi hal  – hal yang tidak diinginkan.

  • Jarak Main Tuas Rem Terlalu Banyak

Jarak main tuas tem yang terlalu banyak juga dapat membuat rem menjadi tidak pakem. Dan rem yang tidak pakem akan sangat berbahaya bagi si pengendara karna dapat berhujung pada kecelakaan atau yang lainya, maka sebaiknya anda lebih memperhatikan lagi terhadap kondisi rem.

  • Kanvas Aus

Kanvas rem yang aus juga menjadi salah satu penyebab rem menjadi tidak pakem lagi. Kanvas yang sudah aus sebaiknya untuk segera di ganti atau di perbaiki supaya fungsi rm dapat aktif dengan sempurna lagi.

Dengan adanya beberapa penjelasan di atas,semoga dapat memberi wawasan bagi anda dan andsa juga dapat lebih mengetahui penyebab – penyebab rem menjadi tidak pakem. Masalah rem tidak pakem jangan sampai kita sepelekan lagi, karna kondisi rem yang sudah tidak pakem akan sangat berbahaya bagi seseorang yang sedang mengendarai motornya tersebut dan dapat mengancam keselamatanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *