Wajib baca, Inilah Tips Membandingkan Motor Bekas dan Baru Sesuai Kebutuhan Anda

Posted on

Selamat pagi netizen semua, bagaimana kabarnya? Pasti sehatkan. Jumpa lagi dengan saya. Hmmm, di hari yang cerah nan indah ini, saya ingin menuliskan artikel tentang tips membandingkan sepeda motor baru dan bekas.

Memang sudah wajar sekali, bahwa sepeda motor adalah alat transportasi vital dan banyak sekali di gunakan oleh masyarakat karena harga dan modelnya yang sesuai kantong dan kondisi. Namun terkadang kita bingung dalam memilih sepeda motor yang bagus dan sesuai dengan kondisi budget kita. Maka,solusi yang paling tepat adalah membeli kendaraan bekas atau baru ( kredit ).

Sebagaimana kendraan biasanya, barang kredit atau bekas memang memiliki daya tarik tersendiri karena memberikan penawaran harga yang lebih miring atau ringan bahkan fitur yang unggul nan menarik. Namun, jangan mudah tergiur untuk membeli barang baru dahulu, bila budget anda tidak mendukung. Tapi, juga jangan mudah terpedaya dengan barang bekas yang menggoda mata.

Motor Bekas Atau Motor Baru

Lalu bagaimana solusinya? Yap, solusi yang paling tepat adalah memilih barang sesuai kebutuhan dan kondisi budget anda. Cara ini dapat anda pilih agar kebutuhan yang lain tidak ikut terganggu karena dana yang tersedia harus di pakai untuk membeli motor idaman anda. Pasti anda penasaran kan? Bagaimana cara mengaturnya, Oke dari pada penasaran mari langsung saja simak di bawah ini.

Memertimbangkan Beli Motor Baru

  1. Periksa dana

Yang paling penting dan utama harus di perhatikan adalah kondisi keuangan anda. Bila budget anda mendukung maka, boleh – boleh saja anda membeli motor baru. Karena, kisaran harga motor baru di atas angka puluhan. Jadi, periksa dahulu keunagan anda agar kebutuhan yang lain tidak terganggu sehabis beli motor baru.

  1. Perhatikan model sepeda motor

Terkadang ada beberapa vendor motor yang mengeluarkan berbagai model motor secara bersamaan peluncuranya. Maka, jangan mudah tergiur dengan kesing bagus nan menarik namun perhatikan juga spesifikasi mesin secara detail dan teliti. Selain itu, anda juga jangan membeli motor dengan spesifikasi yang terlalu bahar jika budget dan kondisi kurang mendukung keinginan anda.

  1. Perbandingkan harganya

Ini dia, banyak orang yang tergiur dengan harga yang cukup murah namun sebenarnya masih ada lagi harga yang jauh lebih miring dari harga pertama. Maka, bandingkan dulu harga motor idaman ke dealer – dealer terpercaya di kota anda.

  1. Periksa harga jual kembali

Beberapa motor dari pabrikan tertentu memang di kenal dengan harga pasaran bekas yang masih tergolong tinggi. Maka, usahakan untuk mencari refrensi secara cermat dan tepat. Agar motor yang anda beli tidak teralu jatuh harganya. Ketika suatu saat nanti nada ingin menjualnya kembali.

Mempertimbangkan beli motor bekas

  1. Periksa mesin

Jika anda berminat membeli motor bekas anda harus faham mengenai permesinan. Jangan sampai kita tertipu dengan ucapan manis si pelapak yang memberikan gambaran motor masih dalamkondisi bagus dan prima. Jangan lupa tanyakan juga mengenai riwayat mesin. Namun jika anda gapmes ( gagap mesin ), maka akan lebih baik jika anda mengajak teman, saudara atau orang terdekat anda yang lebih mengetahui soal permesinan.

  1. Sesuaikan harga

Secara umum, harga motor bekas memang relatif murah dan bersahabat dengan kantong. Apalagi harga yang di tawarkan dapat di nego atau di tawar dari harga semula. Jadi pilihlah motor bekas sesuai budget anda namun tetap perhatikan kondisi mesinya.

  1. Perhatikan kelengkapan surat

Sebelum deal untuk memboyong motor idaman anda, maka tanyakan dan periksa apakah surat – surat motor tersebut lengkap dan asli. Karena jika palsu dan tidak lengkap, biasanya akan ada masalah di kemudian hari.

Selain kelengkapan dan keaslian surat – surat motor. Anda juga harus memperhatikan pajaknya. Jika menunggak maka, anda bisa memanfaatkanya untuk di nego ulang lagi.

  1. Perhatikan biaya service

Mungkin bisa di katakan beruntung jika anda mendapat motor dengan harga lumayan dan kondisi yang masih bagus. Tapi bagaimana jika motor yang ingin anda beli nyatanya masih membutuhkan service lanjutan. Pasti bikin emosikan? Nah, jadi intinya anda harus mengakumulasikan dulu perkiraan harga service motor anda. Agar tidak rugi besar.

  1. Periksa garansi

Terkadang motor bekas juga masih ada garansinya, maka jika anda menjumpai hal seperti ini pada motor bekas yang anda idamkan. Maka, patutlah di beri nilai plus dan harga yang lebih tinggi karena masih memberikan garansi sebagai jaminan jika mesin sewaktu – waktu ada masalah. Jadi anda tidak akan mengeluarkan banyak biaya untuk memperbaikinya.

  1. Perhatikan body motornya

Terkadang sering kita jumpai motor bekas keadaan bagus namun bodynya sudah lecet. Hal seperti inilah yang harus anda perhatikan jika memang menginginkan motor bekas namun body masih mulus nan bagus sesuai fulus.

Jadi mau pilih yang mana? Baru ( kredit ) atau bekas tapi masih berkelas. Yah…semua pilihan tetap di tangan anda. Yang pasti barang baru akan lebih cocok tuk jadi pilihan terbaik bagi anda, jika tidak ingin terjadi masalah pada motor bekas yang anda beli. Karena barang baru sudah pasti masih terjamin kualitas dan garansinya.

Itulah beberapa tips perbandingan antara motor baru dan bekas bagi anda yang kebelet beli motor namun masih bingung dengan kondisi budget dan kebutuhan yang tepat. Namun yang terpenting dalam pemilihan motor baru dan bekas adalah kondisi dan harga. Jadi jangan terburu – buru melirik motor oke namun sudah K.O kondisinya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Sekian dan terima kasih atas kunjunganya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *