Tips Memilih Sepeda Balap atau Road Bike yang Baik

Posted on

Sepeda balap atau juga biasa disebut road bike, pada akhir ini saat semakin maraknya para masyarakat yang gemar bersepeda baik sepeda gunung maupun sepeda balap. Pada kesempatan kali ini saya mencoba memberikan sebuah tips dan juga gambaran bagaimana memilih sepeda balap atau Road Bike yang baik dan juga sesuai dengan kebutuhan kita.

Dengan seiring perkembangan teknologi yang semakin canggih dalam pembuatan bahan dasar rangka atau frame sepeda, telah banyak sekali beredar dipasaran sepeda yang menggunakan bahan dasar frame berupa Chromoly (Chrome Molybdenum) Steel, Carbon Fiber, Carbon (High-Tensile) Steel, Alloy (allumunium) dan  Titanium.

Agar kita mengetahui lebih lanjut apa saja penjelasan dari rangka atau frame sepeda balap tersebut. Maka dari itu saya akan membahasnya satu persatu, berikut ini penjelasannya:

  • Chromoly (Chrome Molybdenum)

Chromoly (Chrome Molybdenum)
Chromoly (Chrome Molybdenum)

Rangka atau frame chromoly ini lebih ringan daripada frame High Tensile Steel. Hal ini dikarenakan frame ini sudah merupakan campuran antara karbon dan besi. Chromoly frame adalah sebutan yang dari frame yang satu ini. Rangka sepeda balap jenis ini termasuk kategori Basic Levels Bikes. Frame ini memiliki harga yang termasuk murah namun juga tahan lama. Frame ini lebih tahan terhadap karat daripada Full Steel (besi).

  • Carbon (High-Tensile) Steel-besi

Carbon (High-Tensile) Steel-besi
Carbon (High-Tensile) Steel-besi

Material ini merupakan material yang paling banyak digunakan untuk rangka sepeda yang telah banyak kita jumpai. Frame ini memiliki keunggulan yaitu frame ini kuat sehingga tidak mudah patah karena frame ini terbuat dari besi. Namun frame ini juga memiliki kelemahan yaitu frame ini lebih berat dan juga lebih cepat korosi (karat). Apabila sepeda balap atau Road bike menggunakan jenis ini, pastilah berat frame menjadi lebih bertambah namun sangat kuat bagi anda yang menyukai endurance (kekuatan).

  • Carbon Fiber

Carbon Fiber ini merupakan salah satu frame kategori Top Level. Frame ini dibuat dengan tingkat ketelitian antar tiap sambungan side tube, main tube dan top tube hamper tidak terlihat oleh mata. Namun kelemahan yang dimiliki oleh frame dengan bahan dasar ini tidak sekuat alloy sehingga sangat rapuh pada saat jatuh dan juga bahkan pada saat kondisi ekstrim bisa saja patah. Telah banyak pabrik yang menerapkan teknologi monocoque construction ini atau yang lebih dikenal dengan sebutan frame dibuat dengan cara dicor.
Ada banyak pembalap sepeda profesional yang sudah menggunakan frame dengan jenis ini. Salah satu kelebihan dari frame ini yaitu frame Carbon Fiber ini memiliki berat yang sangat ringan.

Sehingga frame ini layak untuk anda jadikan sebagai pilihan anda yang mempunyai dana lebih. Karena juga sebanding dengan keuntungan dan juga kenyamanan memakai road bike jenis ini.

  • Alloy (allumunium)

Alloy (alumunium)
Alloy (alumunium)

Frame ini merupakan frame yang menggunakan bahan dasar paling banyak di gemari oleh para pembeli karena selain harganya yang murah juga mempunyai kualitas yang bagus. Frame alloy ini lebih ringan daripada frame yang terbuat dari steel atau chromoly. Sepeda balap atau Road bike telah banyak yang mengaplikasikan frame ini. Frame ini termasuk dalam kategori frame Mid Level (menengah) sehingga sudah layak untuk anda gunakan serius menekuni olahraga road bike (balap sepeda). Telah banyak pula pabrik sepeda yang mengkombinasikan frame ini dengan carbon untuk komponen fork (supensi) depan dan seatpost (dudukan sadle).

Setelah kita mengetahui frame yang kita inginkan, selanjutnya kita harus melihat apa saja komponen yang pas dan juga sesuai dengan kebutuhan road bike kita. Komponen sepeda balap pada dasarnya dibagi menjadi 2 bagian, yaitu grups set dan wheelset.
Grups Set adalah komponen yang terdiri dari RD, FD, Shifter, CrankSet, Brakes, BB, Sproket dan lain-lain. Sedangkan wheelset adalah komponen dari roda sepeda balap yang terdiri dari rims (pelek), HUB, ban (tire), dan lain-lain.

Pada saat kita memilih frame, sesuiakan ukuran frame dengan tinggi badan kita rata-rata. Orang Indonesia biasanya menggunakan frame ukuran X, XS, S, M, ML dan L. Pemilihan ukuran frame yang kita akan gunakan sangatlah berpengaruh pada kenyamanan kita saat bersepeda dengan road bike. Kita dapat menggunakan Bike Fit untuk menentukan ukuran frame yang sesuai dengan diri kita masing-masing.

Apabila sudah pas, bawalah hasil ukuran tersebut ke toko sepeda langganan anda dan pilihlah ukuran frame yang sesuai dengan ukuran anda. Selain kenyamanan, dengan kita memilih ukuran frame yang tepat juga dapat menghindari dari cidera. Tentukan pilihan anda apakah anda ingin merakit atau membeli fullbike (sesuaikan dengan budget anda). Happy Cyling dan Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *