Mountain Bike atau All Terain Bike
Mountain Bike atau All Terain Bike

Sepeda Gunung (Mountain Bike atau All Terrain Bike)

Posted on

Sepeda gunung adalah sepeda yang biasanya digunakan untuk melawati sebuah medan yang tinggkatannya itu berat. Ketika sepeda gunung ini pertama kali dipamerkan di sebuah acara yaitu pada New York Bike Show yang diselenggarakan pada tahun 1981, seorang penemu sepeda gunung mengatakan bahwa sepeda dengan jenis ini tidak akan pernah bisa populer. Sepeda gunung ini pertama kali diluncurkan atau diperkenalkan yaitu pada sekitar tahun 1970, yang di perkenalkan oleh seorang pengguna atau pengendara sepeda di wilayah perbukitan San Fransisco. Sejak saat itulah dunia mulai mengenal sepeda gunung. Sepeda gunung memiliki ciri-ciri yaitu antara lain

  • Ringan
  • Bentuk kerangka sepeda terbuat dari baja, alumunium, dan juga menggunakan bahan yang terbaru saat ini yaitu dengan bahan komposit serat karbon
  • Sepeda gunung juga menggunakan shock breaker (peredam guncangan).

Namun pada kenyataannya, setelah mencoba dijual dipasaran. Jenis sepeda gunung ini 80% telah laris terjual di Amerika Serikat. Sepeda gunung merupakan jenis sepeda yang pertama kali digunakan untuk menaiki sebuah gunung sampai ke puncaknya yaitu Gunung Kilimanjaro, yang mana gunung ini merupakan titik tertinggi di benua Afrika yang memiliki ketinggian 5.895 m.

Sepeda gunung menggunakan sebuah ban yang memiliki kemapuan untuk mencengkram tanah dengan kuat. Pada umumnya sepeda gunung memiliki sebuah gear yang terdiri 18-30 gear pindah yang bertujuan guna untuk mengatur kenyamanan dan juga kecepatan yang diinginkan oleh pengendara sepeda dalam mengayuh pedal sepeda gunung tersebut. Sebuah sepeda gunung yang memiliki fitur yaitu dengan menggunakan  30 gear yang mana berarti sepeda itu memiliki sebuah crankset depan yang memiliki 3 piringan dan juga cassette sprocket yang memiliki 10 piringan, sehingga hasilnya yaitu 3×10=30 merupakan tingkat kecepatan yang berbeda dari sepeda gunung pada umumnya.

Sepeda gunung sekarang banyak sekali diminati oleh banyak orang dari kalangan mana pun, terlebih dari kalangan para remaja yang suka atau hobi bersepeda di medan yang berat. Sepeda gunung memiliki banyak jenis di pasaran.

  • Jenis Sepeda Gunung Berdasarkan Tipe Suspensi

Sepeda Gunung
Sepeda Gunung

Suspensi merupakan suatu alat yang dipasngkan di sepeda guung yang dipergunakan untuk mengurangi rasa getaran yang dirasakan oleh para pengendara ketika sedang menaiki atau mengendarai sepeda gunung yang timbul akibat benturan antara ban sepeda dengan jalanan yang tidak rata. Setiap suspensi memiliki fungsinya masing-masing. Suspensi di bagian fork atau suspensi depan berguna atau berfungsi untuk mengurangi rasa lelah pada saat sedang mengendarai sepada gunung yaitu pada anggota badan di bagian atas dan juga untuk memudahkan pengereman atau handling kemudi sepeda. Sedangkan suspensi belakang yaitu dibagian frame yang berfungsi untuk menyerap benturan, mengurangi rasa lelah, membantu agar roda tetap bersentuhan dengan tanah dan juga untuk meningkatkan kontrol dari sepeda.

Jenis sepeda gunung berdasarkan suspensinya yaitu antara lain :

  1. Rigid (tidak dilengkapi dengan suspensi)
  2. Hardtail (memiliki suspensi hanya di bagian depan saja (fork))
  3. Softail (memiliki suspensi di bagian belakang yang kecil)
  4. Full Suspension (dilengkapi dengan suspensi depan dan juga belakang)
  • Jenis sepeda gunung berdasarkan gaya atau style bersepeda

Mountain Bike
Mountain Bike

Dengan adanya jenis sepeda gunung berdasarkan style atau gaya bersepeda, maka akan memudahkan para penggemar sepeda utuk memilih bagaimana tipe yang mereka inginkan.

Jenis sepeda gunung berdasarkan style atau gaya bersepeda yaitu antara lain :

  1. Trail
  2. Cross Country (XC)
  3. All Mountain (AM) / Enduro
  4. Free Ride (FR)
  5. Downhill (DH)
  6. Dirt Jump (DJ)

Itu tadi merupakan ulasan mengenai sepeda gunung atau Mountain Bike. Anda berminat untuk menggunkakannya. Sebelum anda membeli sepeda gunung pastikan anda membaca artikel saya tentang memilih sepeda gunung dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *