Sejarah, Pengertian, dan Jenis Sepeda Motor

Posted on

Sepeda Motor

Motor adalah sebuah sepeda yang memiliki roda dua, yang digerakan atau dijalankan menggunakan mesin. Sepeda motor diciptakan mulai terinspirasi dari sepeda biasa yang tidak menggunakan mesin, melainkan menggunakan tenaga manusia dengan cara dikayuh meggunakan kaki. Tujuan dariterciptanya sepeda motor adalah untuk memudahkan pada pekerjaanya manusia tanpa harus mengeluarkan tenaga yang lebih. Misalnya untuk berpergian atau mengangkut barang dan kegiatan lainnya.

Sepeda motor memiliki dua roda yang letaknya lurus antara depan dan belakang yang dapat berjalan dengan kecepatan yang tinggi dibandingkan sepeda biasa yang dikayuh menggunakan kaki.

Sepeda motor bisa melaju dengan cepat dan gesit itu semua dikarenakan gaya giroskopik, sedangkan motor dapat seimbang dan setabil dengan kecepatan yang rendah, itu semua dikarenakan oleh pengendara itu sendiri atau dari kesetabilan stang. Motor bisa berjalan dikarenakan mesin yang mana mesin itu bisa bekerja dikarenakan bahan bakar. Seperti bensin namun ada juga yang menciptakan sepda motor tetapi menggunakan dari listrik.

Dan saat ini motor sudah berkembang dan mulai banyak jenis-jenis dan model yang bermacam-macam, dan sekarangpun sepda motor tidak hanya digunakan sebagai alat Transportasi dan mengangkut barang saja, tetapi juga ada yang menggunakannya untuk berlomba dalam mengadu kecepatan dalam sebuah ajang perlombaan. Berikut adalah sejarah dari sepeda motor

Sejarah Sepeda Motor

Pada awal mulanya terciptanya sepeda motor merupakan evolusi dari sepeda biasa yang sudah diciptakan lebih awal dibandingkan dengan sepeda motor. Pada saat itu ada suatu perusahaan yang berusaha mengembangkan sepeda tersebut tanpa harus menguras tenaga, dan lalu perusahan tersebut memproduksi sepeda dalam jumlah yang banyak. Perusahaan tersebut merupakan perusahaan yang pertama kali di dunia yang memproduksi sepeda dalam skala yang besar pada tahun 1868, dan nama perusahaan tersebut adalah Michaux ex Cie, perusahaan tersebut menggunakan mesin yang bertenaga uap sebagai tenaga penggerak sepedanya.

Namun usaha itu semua masih gagal dan pada akhirnya perusahaan itu menyerahkan kepada Edward Butler, seorang penemu yang berasal dari negara Inggris yang kemudian melanjutkan untuk mengembangkan sepeda motor tersebut.

Pada akhirnya Butler berhasil menciptakan sebuah kendaraan yang bertenaga  mesin yang menggunakan bahan bakar yang melalui pembakaran dari dalam, yang mana kendaraan itu memiliki roda tiga. Dan pada akhirnya banyak para penemu lainnya yang mencoba mengembangkan ciptaan dari Butler tersebut, dengan melakukan percobaan untuk menciptakan motor dan mobil. Dan para penemu itu diantara lain adalah Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach yang berasal dari negara Jerman.

Lau kedua penemu tersebut bekerja sama disuatu perusahaan yang mana perusahan itu merupakan produsen mesin stasioner terbesar didunia pada tahun 1872,dan produsen mesin itu adalah Deutz-AG-Gasmotorenfabrik.

Ada sesorang yang berhasil menciptakan sebuah mesin empat langkah atau sering disebut dengan mesin empat tak dan berhasil dipatenkan pada tahun 1877. Dan penemu tersebut adalah pemilik dari Deutz-AG-Gasmotorenfabrik yang namanya adalah Nikolaus Otto, namun mesin yang diciptakan oleh Nikoulus tersebut masih terlalu sederhana dan tidak terlalu cepat,dan juga kurang efisien, tetapi mesin yang diciptakan oleh Nikolaus tersebut dapat menggatikan posisi mesin yang menggunakan uap.

Namun kedua penemu tersebut yaitu Daimler dan Maybach dipecat dari perusahaan dari perusahaan Deutz-AG-Gasmotorenfabrik , dan pada akhirnya keduanya mendirikan sebuah bengkel di Suttgart. Dan pada akhirnya keduanya berhasil menciptakan karburator yang tujuannya adalah untuk mencampur bensin dan udara yang pada akhirnya bisa digunakan sebagai bahan bakar dari mesin empat tak ciptaan Nikolaus.

Kedua penemu tersebut berhasil menciptakan sepeda motor untuk yang pertamakalinya di dunia, dengan mengembangkan mesin empat tak tersebut menjadi silinder 100 cc kemudian meletakan mesin silinder tersebut pada sebuah kayu yang membentuk rangka sepeda motor.

Sejarah, Pengertian, dan Jenis Sepeda Motorj

Setelah diciptakannya sepeda motor tersebut yang diciptakan oleh Daimler dan Maybach tersebut akhirnya para ilmuan ilmuan lainnya mengembangkan sepeda motor tersebut dengan model dan jenis-jenis berbeda. Dan masing-masing penemu selalu berlomba-lomba dalam menciptakan sepeda motor terbaik, mulai dari jenis sepeda motornya, mesin sepeda motornya, body sepeda motornya, dan juga kecepatan motornya yang selalu bertambah baik.

Dan sampai sekarang perbedaan motor pada zaman dulu dengan sekarang terlihat berbeda jauh mulai dari tampilannya dan juga kecepatannya. Perubahan tersebut juga dibantu dengan alat-alat yang lainnya yang memudahkan para penemu dalam menciptakan sepeda motornya.

Berikut adalah jenis-jenis motor yang sesuai dengan kemajuan zaman terciptalah beragam jenis sepeda motor diantaranya adalah:

Sport

Sejarah, Pengertian, dan Jenis Sepeda Motor

Tipe Sport adalah tipe sepeda motor yang biasanya dikhusukan untuk balapan, jenis motor ini digunakan oleh pengguna yang sudah ahli dalam balapan. Pengguna ini menggunakan motor sport itu dengan kecepata yang tinggi, pengemudi yang menggunakan sepda motor jenis ini relatif lebih mem bungkuk kedepan dengan posisi kaki yang sedikit lebih kebelakang dan sedikit keatas.

Semua itu bertujuan agar tekanan angina yang berlawanan dari arah depan tidak menghantam tubuh pengendara dan tidak menghambat kecepatan pada sepeda motor yang akhirnya sepeda motor dapat melaju dengan kecpatan tinggi

Standard/Naked

Sejarah, Pengertian, dan Jenis Sepeda Motor

Tipe sepeda motor ini merupakan sepda motor yang memiliki bodi yang lebih tinggi,sepeda moto ini tidak jauh berbeda dengan jenis sepeda motor Sport, yang membuatnya berbeda adalah dari body kepalanya saja.

Sepeda motor jenis ini tidak bisa digunakan untuk ajang balapan, tetapi jenis sepda motor ini memiliki kecepatan yang tinggi dan memiliki performa mesin yang lebih bertenaga dan kuat.

Trail/Off-Road

Sejarah, Pengertian, dan Jenis Sepeda Motor

Jenis motor ini lebih digunakan untuk perjalanan dimedan yang berat. Misalnya seperti medan yang berbatu, dan medan berlumpur.

Bebek

Sejarah, Pengertian, dan Jenis Sepeda Motor

Jenis motor ini mrupakan jenis motor yang berjalan hanya menggunakan gigi tanpa mnggunakan kopling. Jenis ini lebih nyaman dan lebih banyak digunakan oleh manusia.

Skuter Matik

Sejarah, Pengertian, dan Jenis Sepeda Motor

Jenis skuter matik ini merupakan jenis sepeda motor yang tidak menggunakan operan gigi manual, jadi hanya tinggal menarik gasnya saja. Jenis sepeda ini lebih banyak digunakan krna lebih mudah dan simple, jenis ini juga lebih ringan jika digunakan.

Semoga dari info-info tadi mulai dari pengertiannya, sejarah, dan juga jenis jenisnya bisa menambah pengetahuan Anda, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *