Sepeda Fixie
Sepeda Fixie

Perbedaan Sepeda Fixie Doltrap dan Torpedo

Posted on

Fixie merupakan sebuah sepeda yang mempunyai bentuk ramping dan juga sepeda fixie ini memiliki sebuah keunikan yang terletak pada system pengereman dari sepeda ini sendiri. Sepeda fixie ini merupakan sepeda yang termasuk jenis sepeda yang masih baru dalam dunia persepedaan yang tentunya juga memiliki sebuah ciri khas dan juga keunikannya tersendiri. Untuk kalian yang masih belum mengetahui sistem pengereman dari sepeda ini, sebenarnya sepeda ini memiliki perdedaan dalam system pengeremannya.

Sepeda fixie identik dengan gayanya yang minimalis, tidak ribet dan juga murah. Sepeda fixie ini tidak memiliki rem tangan. Sehingga pedal dari sepeda ini akan terus berjalan atau akan terus berputar selama roda dari sepeda fixie ini masih mengelinding atau berjalan. Sepeda fixie ini sekarang masih menjadi tren bagi masyarakat umum terutama dikalangan para remaja hingga para pekerja. Karena sekarang telah banyak yang menjadikan sepeda sebagai gaya hidup, sehingga banyak sekali orang yang mereka tidak hanya menggangap sepeda itu hanya sebagai alat transportasi. Apabila kita mempunyai hobi untuk membangun atau merakit sepeda sendiri, sepeda fixie ini bisa dibilang gampang gampang susah. Karena pasalnya sepeda ini bisa dikombinasikan dengan komponen sepeda balap juga. Hanya saja sepeda fixie ini lebih sederhana daripada sepeda yang lainnya.

Perbedaan Sistem Pengereman Doltrap dan Torpedo

System pengereman pada sepeda fixie pada umumnya menggunakan system pengereman doltrap. System doltrap yaitu system yang ada pada sepeda fixie. Yang mana kaki kita berusaha untuk menahan pedal yang sedang melaju sehingga sepeda berhenti atau tidak bergerak lagi dan juga secara otomatis pengereman pun terjadi.

System pengereman doltrap sangat berbeda sekali dengan system pengereman torpedo. Perbedaan antara system pengereman torpedo dengan doltrap yaitu system pengereman torpedo pada saat sepeda sedang melaju dan kaki sudah berhenti untuk mengayuh, maka sepeda itu akan tetap bisa melaju dan pada saat anda ingin menghentikan sepeda itu atau ingin mengurangi kecepatan sepeda itu anda cukup mengayuhnya kearah belakang atau kearah sebaliknya. Maka kampas rem dari sepeda itu yang ada didalam HUB akan mengembang dan juga dengan secara perlahan akan menghentikan laju sepeda tersebut.

Berikut ini merupakan perbedaan dari system pengereman doltrap dan system pengereman torpedo:

Pada umumnya sepeda fixie itu memiliki dua jenis gear yaitu gear torpedo dan gear doltrap.

  1. Gear Torpedo

Sepeda Fixie Torpedo
Sepeda Fixie Torpedo

Gear ini biasanya digunakan dalam sepeda fixie karena system pengereman dari sepeda ini lebih mudah daripada doltrap. Biasanya masyarakat awam itu lebih mengartikan torpedo itu system seperti doltrap. Memang system pengereman torpedo hamper sama dengan system pengereman doltrap, namun perbedaannya terletak pada saat sedang mengayuh sepeda kebelakang sedikit maka sepeda akan tererem. Jadi tidak usah lagi untuk susah melakukan pengereman. Sehingga sepeda ini aman untuk pemula.

  1. Gear Doltrap

    Sepeda Fixie Doltrap
    Sepeda Fixie Doltrap

Gear ini biasanya digunakan pada sepeda fixie, gear jenis ini merupakan gear yang dapat digunakan untuk berjalan maju dan berjalan mundur mengikuti putaran dari pedalnya. Selain digunakan pada sepeda fixie, gear ini juga digunakan pada becak. Namun sepeda fixie dengan menggunakan gear doltrap memiliki kelemahan yaitu pada saat sepeda sedang melaju kencang dan juga pada saat ingin melakukan pengereman. Karena pada saat kita ingin mengerem sepeda ini kita harus mengarahkan pedal kea rah sebalikya atau memundurkan pedal dengan sekuat tenaga.

Bagi anda yang ingin menggunakan sepeda doltrap supaya juga menggunakan rem depan untuk membantu pengereman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *