Mau Mesin Motor Anda Awet dan Prima? Ini Tipsnya

Posted on

Di dunia yang semakin maju dan canggih ini, segala sesuatu menjadi semakin mudah dan nyaman saja untuk di gunakan. Tak terkecuali kendaraan, kendaraan adalah sebuah alat transportasi vital yang eksistensinya makin hari makin menjadi. Terlebih pada si roda dua. Mengapa saya mengatakan si roda dua? Karena pertumbuhan kendaraan roda dua tergolong sangat pesat di banding roda empat, mungkin di sebabkan karena simple dan harganya relatif terjangkau oleh berbagai lapisan masyarakat yang ada di Indonesia ini.

Secara umum, setiap orang di dunia ini pasti memiliki sepeda motor, paling tidak ada satu di rumah. Maka sudah bukan rahasia lagi, bila motor menjadi primadona oleh berbagai lapisan masyarakat. Khususnya indonesia. Bagaimana tidak setiap tahunya indonesia selalu mengimpor motor dengan skala besar dari berbagai belahan dunia tiap tahunya. Maka wajar bila pertumbuhan motor sangat pesat dan banyak bahkan melampaui pertumbuhan roda empat.

Dengan pertumbuhan yang semakin banyak ini, maka tersedia pula bengkel resmi dari dealer atau bengkel rumahan biasa yang selalu siap sedia untuk memperbaiki kendaraan kita yang sedang bermasalah, terutama pada bagian mesin. Mengapa bagian mesin? Karena kebanyakan motor yang di pakai tidak di gunakan dengan semestinya, menyalahi aturan standart penggunaan dan juga kurangnya perawatan berkala pada si mesin motor. Dengan demikian maka wajar bila si motor sering keluar-masuk bengkel dan ujung-ujungnya biaya servis pun kian bertambah.

Merawat Mesin Motor

Lalu bagaimana cara meminimalisir kerusakan pada mesin motor kita? Caranya mudah, yang penting perhatikan ( CRS ) yaitu Cek, Rawat dan juga jangan lupa servis secara berkala. Dengan demikian, motor anda akan terminimalisir dari kerusakan mesin yang bisa timbul kapan saja bila anda kurang memperhatikan dan merawat motor anda. Maka di sini saya juga akan menjelaskan bagaimana cara merawat mesin motor agar tetap baik dan prima dengan mudah. Untuk lebih lengkapnya, langsung saja simak di bawah ini.

Tips merawat mesin sepeda motor dengan mudah

  1. Perawatan bagi sepeda motor baru

Bagi anda yang memiliki motor baru, maka pasti anda akan di beri gratis servis dan oli selama 3 kali jalan.yaitu pada kilometer 500, 1000 dan 2000. Usahakan jangan menunggu lama, sampai melewati angka 500 lebih, karena tujuan sebenarnya di berikan layanan 3 kali servis adalah untuk mengecek apakah si motor mengalami kerusakan atau tidak. Karena belum tentu semua motor mulus mesinya atau sama sekali tidak ada kesalahan pada saat perakitan. Maka segeralah servis bila indikator mesin sudah menunjukan pada tahap servis awal.

Selain itu sebagai motor yang baru, maka proses pergesekan mesin akan menghasilkan banyak serpihan logam kecil dengan berbagai komponen motor, maka sangat penting sekali mengganti oli pada kilometer 500, agar mesin tetap awet.

Di samping itu motor yang masih dalam taraf awal yaitu sebelum mencapai kilometer 500 jangan di gunakan untuk membawa bebanyang terlalu berat dan usahakan ketika berkendara tariklah gas secara maksimal selain itu usahakan sesekali untuk di iringi dengan kecepatan sedang atau pelan. Namun jangan di lakukan dengan cara mendadak atau spontan.

  1. Penggantian oli sepeda motor.

Kebanyakan orang selalu meremehkan penggantian oli, padahal bila anda salah atau tidak sesuai dalam penggantian oli. Maka mesin motorlah resikonya. Kebanyakan orang berpatokan mengganti motor di sesuaikan dengan bulan.

Namun perlu di perhatikan cara penggantian oli dengan cara seperti ini adalah cara yang tidak di benarkan dan cara penggantian yang tepat yang benar pada oli motor adalah dengan berpatokan pada kilometer motor yang tertera pada indikator speedometer motor anda. Dengan cara ini, maka motor anda akan tetap terjaga keawetan mesinya.

  1. Bersihkan sepeda motor.

Membersihkan sepeda motor adalah cara yang mudah agar body, kerangka, dan mesin luar motor tetap terjaga kebersihanya dari kotoran atau karat-karat linak yang masih dapat di hilangkan. Apalagi setelah terkena hujan atau terkena air laut yang asin sehingga mesin mortor mudah berkarat.

  1. Tune up motor secara rutin.

Tune up adalah suatu hal yang harus di lakukan secara berkala, karena tune up dapat mengechek apakah ada komponen motor yang aus  dan sekaligus dapat membersihkan debu, kotoran, dll. Maka bila anda merasa motor yang anda kendarai mengalami keganjalan ketika di gunakan, ada baiknya segera di tune up agar kondisi motor kembali prima dan terhindar dari resiko kerusakan mesin motor.

  1. Gunakan sepeda motar dengan sesuai.

Bial anda sering melihat orang beratraksi dan melakukan hal-hal yang menantang dengan motor, seperti bermain gas motor dengan spontan, bermain kopling, dll. Maka jangan ditiru karena dapat mempercepat kerusakan pada si motor. Ada baiknya bila anda menggunakan motor anda sesuai dengan aturanya saja.

Bila anda pengguna motor dengan mesin  kopling atau gigi, maka gunakan gigi dengan sesuai ketika di perjalanan, jika anda sedang berada di jalan menanjak. Maka gunakanlah gigi yang ringan agar motor lebih enteng dan begitu pula sebaliknya.

  1. Melakukan perjalanan jauh.

Bagi anda yang hobi atau sedang ingin bepergian jauh, maka usahakan untuk mengganti oli anda dengan oli yang baru, karena oli yang baru lebih dapat di andalkan untuk urusan perjalanan jauh. Dan bagi mesin motor yang tidak di lengkapi cooler ( pendingin otomatis ) maka sebaiknya berhenti pada kisaran kilometer 80 untuk mengistirahatkan sekaligus mendinginkan motor anda.

  1. Pemanasan mesin motor.

Bagi anda yang ingin menggunakan motor, namun sebelmnya motor tidak di gunakan dalm kurun waktu 8 jam, maka ada baiknya motor harus di panaskan terlebih dahulu, agar oli si motor kembali naik dan melumasi celah-celah mesin lainya. Hal ini sangat perlu di lakukan terutama pada motor yang berjenis 4 langkah, karena hanya mengandalkan oli mesinnya saja.

Selain itu anda juga harus tau, bahwa pemanasan cukup di lakukan selama 5 menit saja karena akan sia-sia bila si motor juga tersedia pendingin udaranya. Namun pemanasan tidak terlalu penting bagi motor 2 tak, karena ketika mesin di aktifkan maka otomatis oli mesin akan melumasi silinder dan mesin, bersamaan dengan bahan bakarnya.

Bila anda ingin mendapatkan mesin yang selalu awet dan terjaga, maka bijaklah dalam penggunaanya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Sekian dan terima kasih atas kunjunganya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *