Macam-Macam Sepeda Gunung Berdasarkan Medan yang Dilalui
Macam-Macam Sepeda Gunung Berdasarkan Medan yang Dilalui

Macam-Macam Sepeda Gunung Berdasarkan Medan yang Dilalui

Posted on

Sepeda merupakan hal yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari kita. Banyak sekali yang memakainya dari anak kecil hingga oramg dewasa. Pada kesempatan ini kita akan membahas perihal sepeda gunung. Mungkin sebagian dari kita sudah tidak asing lagi dengan benda yang satu ini. Sepeda ini merupakan sepeda khusus yang dirancang dan didesain sedemikian rupa agar dapat melalui medan yang ekstrem. Sepeda khusus di daerah pegunungn ini banyak sekali macam dan jenisnya, nah dalam artikel kita kali ini akan membahas sepeda yang satu ini berdasarkan medan yang dilalui yuk simak !

Macam-Macam Sepeda Gunung Berdasarkan Medan yang Dilalui
Macam-Macam Sepeda Gunung Berdasarkan Medan yang Dilalui
  1. Sepeda Cross-Country

Sepeda jenis ini lebih dikenal dengan sepeda gunung XC yang sebenarnya merupakan jenis sepeda trail yang lebih ringan. Sepeda ini mengutamakan kemudahan dalam mendaki dan kecepatan yang lebih tinggi. Sepeda ini sangat cocok digunakan pada area perbukitan karena dapat melaju dengan cepat, baik menanjak ataupun jalanan menurun. Mempunyai desain yang keren dan beratnya cukup ringan, jika anda berkeinginan untuk menjadi pembalap, bisa anda mulai dengan sepeda gunung cross-country.

  1. Sepeda Trail

Sepeda  ini adalah sepeda yang paling banyak digunakan. sepeda trail ini tidak terkait dan cocok dengan jenis sepeda balap, baik hanya untuk sekedar bersenang-senang dan ekplorasi alam. Sepeda jenis ini dapat digunakan untuk semua hal. Cocok digunakan pada segala medan atau sekedar untuk berolahraga.

Desain kerangka sepeda ini memiliki sudut yang landai sehingga membuat pengendara tetap nyaman walaupun pada medan yang menurun. Mempunyai stang panjang dan stem pendek juga ban yang tampak agresif adalah ciri dari model ini.

  1. Sepeda Enduro / All Mountain

Sepeda  model ini merupakan sepeda yang digunakan para pengendara sepeda di pegunungan yang serius. Memiliki rangka yang lebih kuat dan suspensi lebih panjang. Sepeda ini sangat ringan dan lincah. Sangat cocok saat bersepada didaerah pegunungan dengan banyak turunan cepat. Apabila kalian ingin membeli sepeda jenis ini berarti anda sudah serius tentang bersepeda gunung.

  1. Sepeda Gravity / Downhill

Sepeda ini dirancang untuk naik dan menuruni bukit dengan bantuan dorongan dari gravitasi. Sepeda ini memiliki struktur yang sangat tangguh, namun dengan demikian sepeda ini memili berat yang lumayan sehingga dibutuhkan dorongan saat akan naik ke atas bukit yang curam. Sepeda gunung downhill merupakan sepeda gunung yang termahal diantara yang lainnya. Karena memiliki 2 suspensi serta tambahan komponen yang lebih kuat dan berkualitas agar tahan ketika terkena benturan-benturan saat menuruni bukit.

  1. Sepeda Dirt Jump

Sepeda gunung DJ (Dirt Jump) merupakan perpaduan antara sepeda BMX dengan sepeda gunung, terkadang disebut juga dengan sebutan sepeda gunung urban atau sepeda gunung street. Sepeda gunung jenis ini lebih cocok digunakan untuk atraksi atau lompat-lompat di tanah, batu atau medan off road, atau medan buatan yang sengaja dibuat dari tanah untuk atraksi.

Posisi dudukan sepeda ini dibuat lebih rendah untuk memudahkan saat melompatkan sepeda. Suspensi juga dibuat lebih keras, agar suspensi tidak kandas atau mentok pada saat mendarat setelah melakukan lompatan. Tidak jarang sepeda ini didesain tanpa rem untuk memudahkan saat memutar stang depan sepeda. Sepeda DJ gunung ini banyak disukai karena mudah untuk mengganti gigi dan lebih mudah dirawat.

  1. Sepeda Freeride

Sepeda  ini merupakan sepeda gunung kombinasi sepeda jenis downhill dan dirt jump. Sepeda freeride ini mengutamakan seni bersepeda digunung dan dibangunan-banguna jalan seperti jalan setapak, anak tangga, tembok dan balok. Berat sepeda gunung freeride ini lebih ringan daripada downhill, kerangka juga didesain simple dan kompak sehingga mudah bermanufaktur.

Nah itu tadi sekilas tentang jenis-jenis sepeda gunung berdasarkan medan yang dilalui. Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam memilih sepeda yang cocok untuk anda. Selamat bersepeda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *