Sepeda Onthel
Sepeda Onthel

Jenis-jenis Sepeda Onthel

Posted on

Sepeda onthel atau juga sering disebut sepeda unta, sepeda kebo, atau pit pancal. Sepeda onthel dalam Bahasa Inggris adalah Roadster bicycle. Sepeda onthel ini merupakan sepeda yang mempunyai tipe ban yaitu dengan ukuran 28 inch, biasanya dahulu sepeda ini digunakan oleh masyarakat perkotaan hingga saat akhir tahun 1970-an. Sepeda ini sangat mengacu kepada desain yang dibuat oleh orang Belanda. Yaitu mempunyai ciri-ciri posisi tempat duduk yang tegak dan memiliki reputasi yang sangat kuat. Dan juga memiliki kualitas yang sangat tinggi. Sepeda onthel ini memiliki karakteristik yaitu rumah rantai tertutup. Sepeda ini juga memiliki gigi yang tidak dapat untuk diganti lagi dan juga sepeda ini terdapat dynamo dibagian depan sepeda untuk menyalakan lampu. Selain itu, sepeda onthel ini juga dilengkapi dengan rem drum untuk membantu pengereman.

Telah ada berbagai macam sepeda onthel yang sudah dijual di berbagai Negara dan juga telah banyak beredar di pasaran Indonesia. Ada banyak merk yang telah ada dipasaran mulai dari segmen yang premium yaitu misalnya Gazelle, Fongers dan Sunbeam. Kemudian ada merk yang berada segmen di bawah premium yaitu antara lain Simplex, Raleigh, Humber, Burgers, Phillips dan NSU.

Pada zaman sekarang banyak para kolektor yang menghabiskan waktunya untuk mengoleksi berbagai macam barang antik, barang kuno nan klasik yang mempunyai nilai seni yang sangat tinggi. Bagi para kolektor barang-barang tersebut mempunyai nilai historical yang di rasa begitu sangat penting bagi para kolektor tersebut. Barang-barang antic yang biasanya di cari oleh para kolektor sangat beragam sekali. Mulai dari piring, guci, jam dinding, telepon dan masih banyak produk lainnya. Karena para kolektor tersebut ingin museum pribadinya tersebut dipenuhi dengan barang-barang antik yang beraneka ragam.

Sepeda onthel pun juga terkadang dijadikan oleh para kolektor sebagai barang koleksinya. Namun pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang jenis-jenis sepeda onthel. Berikut merupakan jenis-jenis sepeda onthel yang banyak digemari orang dan merupakan sepeda onthel termahal di dunia.

  • Sepeda Onthel Veeno

Sepeda Onthel Veeno
Sepeda Onthel Veeno

Walaupun sepeda ini merupakan sepeda onthel yang sudah memiliki umur sangat tua, namun sepeda ini tidak mau kalah saing dengan sepeda yang lainnya. Sepeda onthel jenis Veeno ini telah ada sejak tahun 1908. Dahulu sepeda onthel ini telah banyak mengukir sejarah pada zamannya. Sepeda Veeno ini dari awal berdirinya sampai sekarang masih sangat dikelal di daerahnya yaitu di Belanda.Dahulu sepeda jenis Veeno ini memulai karier di dunia sepeda dan reparasi sepeda dengan menggunakan gudang bengkel yang sangat jelek sekali. Namun, pada saat ini sepeda jenis ini sudah berkembang dengan baik.

  • Sepeda Onthel Gazelle

    Sepeda Onthel Gazelle
    Sepeda Onthel Gazelle

Sepeda onthel Gazelle merupakan jenis sepeda yang sudah ada lebih dulu sebelum sepeda onthel Veeno. Sepeda ini sudah ada sejak tahun 1902, Williem Kolling merupakan orang yang membuat sepeda Gazelle ini dan juga orang yang pertama kali menjualnya di pasaran. Kemudian Williem Kolling memperluas hasil karyanya yang awalnya hanya sepeda akan di perluaskan lagi menjadi sepeda motor. Namun, Gazelle yang dia buat lebih cenderung pada produksi sepeda yang memiliki jenis sepeda onthel daripada sepeda motor. Sepeda Gazelle ini pada saat perang dunia ke-2, sepeda ini memiliki8 tingkat penjualan yang sangat meningkat dengan drastic. Sehingga dengan meningkatnya penjualan dari sepeda tersebut memberikan banyak keuntungan pada perusahaan Gazelle yang dipimpin oleh Williem Kolling.

  • Sepeda Onthel Simplex

Sepeda Onthel Simplex
Sepeda Onthel Simplex

Sepeda onthel ini telah berdiri sejak tahun 1887, sepeda ini juga merupakan salah satu sepeda yang sudah sangat popular dan juga terkenal. Simplex Automatic Machine Company adalah produsen dari sepeda merk ini. Pabrik dari sepeda ini telah berusia 130 tahun dan bertempat di Utrecht. Namun setelah berdiri didaerah sana, perusahan ini berpindah tempat ke Amsterdam, Belanda. Pada saat berpindah tempat, popularitas dari sepeda ini menjadi semakin bagus. Hingga sekarang pun sepeda ini juga masih sangat popular di kalangan masyarakat sekitar.

Demikianlah apa yang dapat saya sampaikan di artikel ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda semua yang menyempatkan waktu anda untuk membacanya. Semoga bermanfaat dan sekian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *