Sepeda Gunung
Sepeda Gunung

Jenis- Jenis Sepeda MTB (Sepeda Gunung)

Posted on

Halo pembaca setia infosepeda.com. berbicara tentang jenis- jenis sepeda yang ada di muka bumi ini, pasti tidak ada habisnya, karena di dunia ini memang sudah banyak bermunculan berbagai jenis sepeda, mulai dari sepeda anak, sepeda gunung, sepeda lipat, sepeda sekolah dan lain sebagainya. Karena saking banyaknya jenis sepeda yang terus bermunculan sampai sekarang, sekarang kita lebih dipermudah dalam memilih sepeda berdasarkan fugsi yang akan kita gunakan nantinya. Sebagai contohnya jika kita berkeinginan untuk membeli sepeda yang akan digunakan untuk naik maupun turun gunung, maka kita bias memilih sepeda gunung sebagai pilihan kita, begitu juga dengan yang lainnya.

Sepeda Gunung
Sepeda Gunung

Jika sudah begitu, maka hidup kita akan terasa lebih mudah bukan ?. nah disini saya akan membahas tentang macam- macam jenis sepeda MTB atau yang biasa kita panggil dengan sepeda gunung berdasarkan suspensinya maupun berdasarkan fungsinya. Dari pada penasaran, langsung saja disimak ulasan berikut ini.

Jenis- jenis sepeda gunung berdasarkan suspensi

  • Fully Rigid

Fully Rigid adalah jenis sepeda gunung yang memiliki fork keras yang tidak memiliki suspense sama sekali (full bongkahan besi yang kaku). Sepeda yang satu ini pernah popular pada tahun 1980 s/d 1990an. Pasti kalian mengetahuinya jika pernah menjumpai di zaman ini.

  • Hardtail

Hardtail adalah salah satu jenis sepeda gunung yang hamper sama dengan jenis Fully Rigid, tetapi yang membedakan hanya saja sepeda gunung jenis hardtail ini sudah dilengkapi dengan suspense, jadi sudah bias dirasakan bahwa sepeda ini lebih lembut dalam penggunaanya jika dibandingkan dengan sepeda fully rigid. Jadi sepeda ini sudah sangat cocok untuk menghadapi jalanan yang rata dengan tanah maupun medan cross counter.

  • Full Suspension

Full Suspension atau yang biasa didingkat dengan “fulsus” adalah sepeda yang sudah memiliki system suspense penuh pada sepedanya baik itu bagian depan maupun bagian belakang, jadi jika sepeda yang bersuspensi satu saja sudah cukup nyaman dalam melibas jalanan rata tanah, apalagi yang memiliki system dual suspense, tentusaja anda akan merasa lebih nyaman lagi dalam menggunakanya baik itu di medan normal maupun medan berbatu sekalipun.

Jenis-jenis sepeda gunung berdasarkan fungsinya

  • Cross Country (XC)

Sepeda jenis yang satu ini adalah sepeda yang khusus dirancang untuk melintas dialam bebas dan sudah di design sebaik mungkin agar bias optimal saat dikayuh di jalan mendatar maupun jalanan menanjak. Jadi jangan kaget jika sepeda ini memiliki harga yang mencapai puluhan juta rupiah.

  • All Mountain (AM)

Sepeda jenis yang ini juga biasa dipanggil dengan “enduro” dan “trailbike”. Sepeda ini dirancang khusus untuk melewati lintasan alam yang berat, naik turun dan keluar masuk hutan adalah fungsi utama daripada sepeda ini. Ajdi sepeda jenis yang satu ini tentusaja memiliki harga yang lebih tinggi daripada jenis sepeda cross country sendiri.

  • Freeride (FR)

Jenis sepeda freeride adalah sepeda yang sudah dirancang untuk bias menahan drop off “lompatan yang tinggi”. Sepeda yang satu ini tidak selincah dan secepat dengan sepeda jenis all mountain, karena bobot dari sepeda ini lebih berat daripada sepeda yang lainnya.

  • Downhill (DH)

Sesuai dengan namanya, sepeda jenis satu ini dirancang dan didesign agar mampu memberi kenyamanan dalan menuruni bukit yang curam dan ekstrim. Sepeda ini juga dapat menikung dengan stabil pada saat kecepatan tinggi.

  • Dirtjump (DJ)

Sepeda yang satu ini juga biasa dijuluki dengan julukan “Urban MTB”. Sepeda ini sudah dirancang khusus untuk beratrksi dengan lompatan “freestyle”. Jadi fungsinya hamper sama dengan sepeda BMX, namun hanya ukuran dan beratnya saja yang membedakan.

Itulah beberapa jenis sepeda berdasarkan suspense dan fungsinya.

Terima kasih telah berkunjung di infosepeda.com dan sampai jumpa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *