Inilah Pertanda Jika Ban Sepeda Motor Anda Harus Segera Untuk Diganti

Posted on

Sepeda motor memang tidak asing lagi bagi kita semua pasalnya kini sepeda motor sudah menjadi alat transportasi yang banyak digunakan oleh masyrakat terutama di indonesia ini. Dan kebanyakan orang di Indonesia ini pasti juga telah memilikinya bahkan terkadang jumlahnya lebih dari satu. Dengan keberadaan sepeda motor tentu hal tersebut akan sangat membantu mnanusia di dalam melaksanakan beberapa pekerjaanya baik pekerjaan yang berat sampai pekerjaan yang berat.

Sepeda motor memang sengaja dirancang untuk dapat memudahkan manusia dalam mengerjakan berbagai aktivitasnya seperti berpergian ke suatu tempat, membawa barag, dan yang lainya. Namun kini sepeda motor tidak hanya digunakan untuk bekerja saja akan tetapi sepeda motor saat ini sudah banyak di gunakan untuk berbagai ajang perlombaan seperti balap motor, motor cros, turing, dan yang lainya.

Pertanda Ban Motor Yang Gundul

Penggunaan sepeda motor tentu harus di imbangi dengan perawatanya yang harus benar pasalnya dengan seiring lamanya penggunaan sepeda motor dapat dimungkinkan terjadinya kerusakan pada beberapa komponen sepeda motor seperti kampas rem yang sudah halus atau menipis, ban sepeda motor yang sudah botak atau hjalus, oli sepeda motor yang perlu untuk di ganti, dan beberapa kerusakan yang lainya. Kerusakan yang terjadi pada sepeda motor tentu akanMenggurangi kinerja sepeda motor tersebut dan juga akan menganggu kenyamanan pengendaranya bahkan akan sangat mengancam keselamatan pengendaranya.

Pertanda Ban Motor Yang Gundul

Kondisi sepeda motor yang seperti itu tentu harus menjadi perhatian yang khusus dan supaya segera untuk di perbaiki karna kerusakan yang terjadi pada sepeda motor jika tidak segera ditangani maka kondisi motor yang buruk tersebut tentu akan semakin menambah buruknya atau kerusakan yang terjadi akan semakin parah, dan salah satu komponen sepeda motor yang juga sangat penting untuk diperhatikan yaitu ban sepeda motor. Ban sepeda motor merupakan salah satu komponen sepeda motor yang swangat penting yang mempengaruhi gerak dan laju kendaraan bermotor. Kondisi ban sepeda motor yang mengalami permasalahan kerap kali menjadi penyebab terjadinya kecelakaan di jalanan, kondisi ban sepeda motor yang kerap kali tejadi yaitu kondisi ban yang botak atau gundul, ban yang licin.

Pertanda Ban Motor Yang Gundul

Kondisi ban sepeda motor yang licin atau gundul tentu akan sanga mempengaruhi sekai tehadap kinerja sepeda motor terseut dan tidak hanya itu saja, kondisi ban sepeda motor yang botak atau gundul juga akan sangat membahayakan pengendaranya maka tidak jarang kita mendengar  atau melihat banyknya terjadinya kecelakaan karna beberapa faktor dan salah satu faktor penyebab yaitu karna masalah ban yang botak atau licin. Di saat musim hujan kondisi ban yang botak atau icin akan sangat lebih membahayakn lagi karna kondisi ban yang botak atau licin akan membuat sepeda motor akam mudah untu terpeleset atau terjatuh dan bahkan sampai terjadi kecelakaan. Tentu kondisi yang seperti itu tidak kita inginkan terjadi pada diri kita, maka bagi anda para pengguna kendaraan bermotor ada baiknya jika anda mengontrol terlebih dahulu kondisi ban sepeda motor anda jika kondisi ban sepeda motor yang akan anda gunakan kondisinya kurang baik maka alangkah baiknya jika anda mengantinya terlebih dahulu. Berikut beberapa pertanda jika ban sepeda motor anda harus segera untuk diganti.

  1. Terasa Goyang Dari Ban Saat Berbelok

Goyangan yang timbul dari ban seakan – akan kurang angin saat berbelok atau berjalan di jalan yang bertikung berarti hal tersebut dapat menunjukan kalau ban sepeda motor tersebut performanya sudah menurun, saatnya ganti ban.

  1. Terasa Genjotan yang Kasar Saat Melewati Jalan yang Rusak

Genjotan yang dimaksud disini adalah genjotan bumping yang keras sehingga seolah – olah meloncat sendiri, hal demikian disebabkan oleh alur ban yang sudah menipis, saatnya anda mengganti ban.

  1. Ketika Alur Ban yang Telah Menipis

Hal yang satu ini dapat disebut saat ban sudah botak, alur kambang adalah yang membuat pergerakan ban terasa nyaman serta lancar di saat melaju, maka ketika alur kambang itu telah menipis maka itu pertanda jika ban ada sudah menipis dan saatnya untuk diganti.

  1. Ada Rentang Waktu Khusus ban Tubeless

Bagi anda para pengguna ban tubless terdapat rentan waktu yang khusus. Untuk ban dean setelah penggunaan 1 samapi 5 tahun anda baru dapat mengantinya, sedangkan unuk ban belakang sekitar 10 sampai 12 bulan.

  1. Priksa Secara Berkala

Bagi anda pengguna kendaraan bermotor tentu kondisi ban yang berbeda – beda ada yang baik juga ada yang buruk tentu hal tersebut akan sangat mempengaruhi terhadap kondisi sepeda motor anda. Maka dari itu anda perlu untuk melakukan pengecekan secara berkala.

Itulah beberapa pertanda bahwa ban anda sudah botak atau gundul, kondisi ban sepeda motor yang seperti itu tentu harus menjadi perhatian yang khusus bagi anda para pengendara sepeda motor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *