Cara Merawat Motor Injeksi

Posted on

Perkembangan sepeda motor saat ini sudah melesat dengan cepat, diseluruh dunia sekarang pasti dapat ditemukan sepeda motor yang beraneka ragam jenis mulai dari bentuknya, suaranya, dan juga kecepatannya.

Hamper semua orang rata-rata pasti memiliki sepeda motor, karna motor bisa dijadikan alat yang dapat digunakan sebagai alat yang dibutuhkan selain sebagai alat transportasi, sepeda motor juga sebagai alat pengangkut untuk memudahkan dalam membawa barang, juga karena ukuran sepeda motor yan tidak besar juga memudahkan jika melewati jalan yang kecil yang tidak mungkin bisa dilewati oleh kendaraan besar yang lain seperti mobi dan lainnya. Dalam memiliki sepeda motor juga harus bisa merawatnya supaya tidak mudah rusak, dan juga agar nyaman ketika sepeda motor digunakan.

Dengan kemajuan zaman yang semakin lama semakin modern banyak orang yang memilih sepeda motor yang berteknologi Injeksi. Dan rata-rata hamper seluruh pabrik dan produsen yang menggunakan dan meluncurkan yang berteknologi injeksi, karena lebih hemat bahan bakar, dan menjadikan orang-orang yang lebih memilih injeksi, karena tidak boros yang pada akhirnya lebih sedikit mengeluarkan uang.

Jika sudah memiliki sepeda motor injeksi Anda juga harus merawat sepeda motornya supaya performa motor tetap terjaga dan tetap dalam kondisi prima berikut adalah cara merawat motor injeksi.

1. Gunakan Bahan Bakar yang Beroktan Tinggi

Cara Merawat Motor Injeksi

Dalam menggunakan sepda motor yang beinjeksi dianjurkan menggunakan bahan bakar yang beoktan tinggi. Bahan bakar yang berkotan 90 keatas sangat cocok untuk motor yang berinjeksi. Kerena jika menggunakan bahan bakar yang beroktan rendah akan mempercepat terjadinya kerusakan dan  berpengaruh pada motor, dan bahan bakar yang beroktan rendah akan meninggalkan kerak pada sistem injeksi yang akan berakibat terjadinya kerusakan komponen mesin. Dan juga jika menggunakan bahan bakar yang berkualitas jelek yang juga ditambah dengan oktan booster dengan spesifikasi yang tidak sempurna akan terjadi penymbatan pada lubang injector.

2. Selalu Memperhatikan dan Merawat pada Kondisi Aki

Cara Merawat Motor Injeksi

Dalam memiliki sepeda motor yang berteknologi injeksi harus selalu memperhatikan pada kondisi aki secara rutin dengan selalu menjaga keutuhan pada air aki. Karena sepeda motor injeksi sangat bergantung dengan kondisi aki jika kondisi aki terjaga akan mudah dalam menghidupkan mesin dalam mesin pembakarannya.

Jika air aki habis segeralah isi dengan air aki yang biasanya dijual banyak dipinggir-pinggir jalan, tetapi jika aki sudah tidak menghasilkan arus listrik yang maksimal, maka segeralah menggantinya dengan yang baru sebelum aki benar-benar soak.

3. Selalu Ganti Oli Secara Teratur

Cara Merawat Motor Injeksi

Untuk sepeda motor berteknologi injeksi harus selalu mengganti oli secara rutin. Karena jika kondisi oli jika tidak pernah diperhatikan akan menggangu pada kinerja mesin, Anda harus selalu mengganti oli mesin jika sepeda motor sudah dalam 1.000 km setiap kalinya, dan jika sudah mencapai 5.000 km gantilah dengan oil gear. Jika Anda tidak menggantinya atau jarang menggantiya ituh akan berpengaruh dan menggangu pada kinerja mesin, khusus untuk sepeda motor injeksi yang berjenis matic, apabila sudah mencapai 10.000 km atau jika sudah terdengar suara mendecit  harus menggantinya dengan oli Shocbreaker.

4. Selalu Periksa ECU

Cara Merawat Motor Injeksi

Untuk sepeda motor injeksi disarankan untuk selalu memeriksa pada ECU atau Electronic Control Unit yang sangat berperan penting pada motor ECU adalah otak dari pengoprasian pada sistem injeksi pada sepeda motor. ECU tidak hanya mengatur pada siste injeksi saja, keseluruhan injektor baik takaran bahan bakar yang sudah disemprotkan maupun buka tutup klep injector juga diatur oleh ECU, jadi jika piranti terganggu maka akan berpengaruh pada kinerja injektor yang mana kinerja injektor tidak akan berjalan seperti biasanya dan juga akan mengakibatkan motor sering mogok. Oleh sebab itu diusahakan untuk selalu memriksa pada ECU, jika Anda tidak bisa Anda bisa menyerahkan atau meminta bantuan pada ahlinya seperti montir atau mekanis lainnya.

5. Selalu Memperhatikan dan Merawat pada Busi Motor

Cara Merawat Motor Injeksi

Busi adalah pemantik api yang digunakan untuk proses pembakaran mesin. Jika busi rusak maka proses pembakaran tidak akan sempurna mengakibatkan mesin menjadi kurang bertenaga, dan terkadang juga menjadikan mesin mejadi tidak menyala. Gantilah busi jika sudah mencapai jarak 20.000 km supaya performa mesin tetap terjaga.

6. Selalu Periksa Bahan Bakar

Cara Merawat Motor Injeksi

Jangan pernah membiarkan tangka motor sampai kosong. Karena jika tangka kosong, maka kotoran yang terdapat pada tangki akan meresap dan akan menghambat pada kinerja mesin. Diusahakan ketika bensin tersisa sepermpat liter disarankan untuk mengisinya.

7. Lakukan Servis

Cara Merawat Motor Injeksi

Diusahakan untuk selalu menyervis sepeda motor 3 bulan sekali. Anda bisa membawanya ketempat servis yang sudah terpercaya. Namun jika motor sering digunakan dianjurkan untuk menyervisnya sebulan sekali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *