Cara Mengganti Oli Sepeda Motor Dengan Benar Dan Mudah

Posted on

Cara mengganti oli sepeda motor. Sepeda motor kini memang sudah menjadi kendaraan atau alat transportasi yang digunakan oleh banyak orang terutama di indonesia ini, hal tersebut dapat dibuktikan dengan banyaknya kendaraan bermotor yang melintas di jalanan, hampir di setiap jalan kita menemui sepeda motor yang melintas yang jumlahnya tidak sedikit.

Dan pasti kebanyak dari kita semua juga telah memiliki sepeda motor yang terkadag jumlahnya lebih dari satu. Kepemilikan sepeda motor tentunya harus di imbangi dengan perawatanya yang benar, karna seiring dengan lamanya waktu penggunaan sepeda motor dapat dimungkinkan sepeda motor yang anda miliki tersebut mengalami kerusakan pada bagian – bagian tertentu seperti kerusakan pada rem yang sudah tidak pakem, ban yang sudah gundul, oli yang seharusnya diganti dan yang kerusakanyang lainya.

Cara Mengganti Oli Sepeda Motor

Sepeda motor yang mengalami kerusakan tentu mengurangi kenyamanan di saat mengendarainya bahkan menimbulkan rasa kehuatiran, Oleh sebab itu sepeda motor yang mengalami kerusakan hendaknya untuk segera di perbaiki atau di serviskan sehingga sepeda motor dapat kembali normal dan nyaman di saat di kendarai. Dan salah satu kendala sepeda motor yang perlu untuk diperhatikan adalah mengganti oli sepeda motor. Oli merupakan cairan pelumas yang sangat dibutuhkan oleh sepeda motor untuk dapat menunjang kelancaran mesin maupun komponen – komponen lainya yang terdapat pada sepeda motor.

Cara Mengganti Oli Sepeda Motor

Cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kualitas oli dapat berupa banyak hal, hal tersebut tergantung dari bagaimana anda merawat sepeda motor yang anda miliki. Hal yang paling sederhana yang dapat dilakukan untuk dapat menjaga kualitas oli yaitu dengan menggunakan sepeda motor secara wajar. Mengganti oli pada sepeda motor tentu akan memberikan banyak manfaat terhadap kondisi sepeda motor yang anda miliki. Mengganti oli pada sepeda motor juga akan memberikan efek yang baik terhadap sepeda motor seperti sepeda motor akan jauh lebih awet , tahan lama, jarang mengalami kerusakan, umurnya panjang, dan tentunya kondisi sepeda motor akan tetap selalu prima di saat dikendarai di jalanan.

Cara Mengganti Oli Sepeda Motor

Bagi anda yang ingin mengganti oli sepeda motor anda dapat menggantinya sendiri ataupun anda dapat menggantinya  dengan melalui jasa bengkel, karna saat ini juga sudah banyak bengkel – bengkel sepeda motor yang menerima jasa mengganti oli sepeda motor, namun tidak jarang juga pemilik sepeda motor yang mengganti oli sepeda motornya dengan sendirinya. Berikut beberapa yang dapat dilakukan untuk Anda bagaimana cara mengganti oli sepeda motor.

  1. Meletakan Wadah Penampungan Di Bagian Bawah Sepeda Motor

Untuk langkah pertama yang dapat dilakukan untuk mengganti oli sepeda motor yaitu dengan cara meletakan wadah penampungan di bagian bawah mesin sepeda motor. Wdah penampungan yang dapat digunakan pun boleh beragam macam seperti drigen bensin bekas, kaleng biskuit dan wadah yang lainya. Di saat meletakan wadah penampungan maka pastikan jika wadah tersebut berada di bagian tempat keluarnya oli.

  1. Mengendurkan Baut Oli Mesin Pada Sepeda Motor

Setelah anda meletakan wadah penampungan oli, maka langkah yang selanjutnya yang dapat anda lakukan yaitu mengendurkan baut oli pada mesin sepeda motor. Di saat anda mengendurkan baut maka gunakanlah obeng yang pas dengan baut tersebut dan putar baut tersebut searah dengan jarum jam. Jika baut oli sudah terbuka bersama dengan penutup mesin maka oli yang berada di dalam mesin otomatis akan keluar dengan sendirinya, lalu tunggu hingga oli kelur semua, setelah semua oli keluar semua, lalu tutup kembali dengan baut yang bertujuan agar udara tidak masuk.

  1. Membersihkan Oli lama yang Berada Di dalam Mesin

Apabila oli yang lama sudah keluar semua, lanhkah yang selanjutnya yaitu bersihkan oli lama yang masih tersisa di dalam mesin. Di saat membersihkanya, maka gunakanlah tang untuk dapat membuka penutup pada bagian atas mesin, lalu bersihkanlah mesin.

  1. Mengencangkan Baut Pada Bagian Bawah Mesin

Jika mesin pada bagian oli sudah di bersihkan, maka langkah yang berikutnya adalah anda harus mengencangkan baut yang terdapat pada bagian bawah mesin, dan pastikan baut terpasang dengan sempurna dan kencang. Jika baut tidak terpasaang dengan sempurna dan kencang, hal tersebut dapat menyebabkan oli yang baru diganti akan mudah untuk keluar.

  1. Memasukan Oli yang Baru Kedalam Mesin penampungan Oli

Langkah yang terakhir yang tak kalah pentingnya yaitu memasukan oli yang baru kedalam mesin penampungan oli atau mesin penyimpanan oli, ketika memasukan oli kedalam mesin maka gunakan alat bantu seperti torong untuk dapat memudahkanya. Jika oli sudah masuk kedalam mesin sepeda motor, mka tutup kembali mesin tengan penutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *