Bingung Pilih Motor Bekas Yang Berkualitas? Ini Caranya

Posted on

Tak dapat di pungkiri, bahwa kemajuan zaman yang semakin pesat ini, mampu mendorong dan memanipulasi pikiran manusia untuk mengembangkan teknologi sebagai upaya mempermudah kehidupan manusia di masa yang akan datang nantinya. Namun dengan kecanggihan yang di kembangkan ini, maka harga pun juga turut menjajikan. Jika seseorang ingin menikmati suatu barang tertentu sebagai alat pemuas kehidupan, maka ia harus merogoh kocek lebih dalam demi memenuhi keinginanya, terlebih bila ia mendambakan barang dengan kualitas baru.

Secara umum, bagi mereka yang memiliki kantong bermuatan banyak, maka mereka akan memilih suatu barang yang baru atau bahkan limited edition. Namun bagi kalangan yang mendambakan barang berkulitas baru namun tidak mau merogoh kocek lebih dalam, maka mereka dapat memilih asuransi kedua yaitu memilih barang second atau bekas dari pihak lain dengan harga lebih miring dari kualitas yang baru. Sehingga mereka tetap dapat merasakan yang namanya kepuasan.

Di sisi lain, bila kita memilih barang bekas atau second maka kita juga harus memperhatikan secara detail spersifikasi, kelengkapan dan kualitas barang tersebut, agar kita tidak di rugikan dengan barang asuransi ke dua ini, sebagai contoh sebut saja sepeda motor. Dalam kehidupan ini, transportasi adalah suatu alat yang sangat berperan dalam mempermudah dan mempersingkat pekerjaan manusia, terlebih banyak sekali rider motor di indonesia, bahkan sampai membuat sebuah klub motor.

Dengan eksistensinya pengguna motor yang semakin hari semakin membludak ini, maka tak ayal jika banyak orang yang memesan motor baru tiap tahunya. Namun ada juga sebagian pihak yang lebih memilih membeli motor seken atau bekas dengan alasan tertentu.

Motor Bekas Berkualitas

Maka di sini saya akan membagikan beberapa tips bagi anda yang sedang mencari refrensi bagaimana cara memilih motor bekas yang masih berkualitas, agar anda tidak di rugikan dengan motor yang anda beli, karena notabenenya bila kita membeli motor bekas kekuranganya adalah kita tidak dapat mengetahui secara detail riwayat penggunaan motor yang akan kita beli. Maka sangat di perlukan yang namanya analisis terlebih dahulu. Maka langsung saja simak tips cara memilih motor bekas berkualitas di bawah ini.

 

Cara memilih motor bekas yang berkualitas.

  1. Pilih plat provinsi motor yang sesuai dengan Alamat KTP anda.

Hal ini sangat penting sekali, karena bila anda sewaktu-waktu ingin membalik nama kepemilikan motor anda, maka anda tidak akan di kenai biaya di kemudian hari.

  1. Jangan transfer ( Down Payment ) sebelum anda cek kondisi si motor.

Biasanya kasus ini sering terjadi di situs jual beli online yang menawarkan motor dengan foto masih mulus dan bagus namun kondisi aslinya sudah hangus. Dengan penipuan foto seperti ini, biasanya orang langsung tergiur untuk membelinya, maka jangan terburu-buru untuk mentransfer uang anda sebelum melihat kondisi dan kelengkapan surat-surat motor yang aslinya.

  1. Buat perjanji ke rumah si pelapak motor.

Melakuakan perjanjian adalah suatu trik agar anda dapat membuat perjanjian terlebih dahulu kepada si pelapak bahwa jika kemudian hari nanti ada kerusakan pada si motor maka anda masih dapat komplain atau bahkan meminta uang anda kembali dan pastikan anda tidak ragu untuk segera membuat perjanjian agar tidak di dahului oleh pihak lain yang sama-sama pengincar motor yang anda dambakan.

  1. Periksa kelengkapan surat-surat si motor.

Surat motor adalah surat yang sangat penting agar tidak terjadi kesalah fahaman atau masalah dengan polisi di kemudian hari nantinya. Adapun hal-hal yang harus di periksa dari surat-surat motor adalah BPKB, Faktur, STNK, pembayaran pajak terakhir, kesesuaian nomer mesin rangka dan mesin yang tertulis di motor, dan terakhir tahun produksi motor sesuai dengan yang di katakan si pelapak. Khusus untuk pajak tanyakan dulu apakah ada tunggakan pajak dan jika ada maka anda bernegosiasi dengan harga si motor pada pelapak.

  1. Cek keseluruhan bodi si motor.

Cek keseluruhan bodi motor ini meliputi ban motor, mesin, lampu, adanya goresan atau tidak, oli, karat, dll. Karena bila anda merasa banyak sekali minusnya, maka anda bisa menggunakan alasan ini kepada si pelapak agar harga dapat di negosiasikan lagi.

  1. Periksa angka speedometer si motor.

Banyak sekali kasus yang terjadi dalam penjualan sepeda motor bekas yang memanipulasi angka speedometer menjadi kecil sehingga si pembeli merasa motor masih jarang di gunakan dan kondisi masih bagus. Maka sebaiknya bila anda menemukan hal semacam ini namun kondisi motor sudah banyak minusnya, ada baiknya untuk di batalkan saja, agar anda tidak di rugikan dengan cara manipulasi seperti ini.

  1. Cek sistem kelistrikan dan panel si motor.

Pastikan semua sistem panel seperti lampu depan, belakang dan sein dapat berfungsi dengan baik dan jangan lupa periksa sistem starter dan engkol dapat di fungsikan dengan baik sebagaimana mestinya.

  1. Coba test motor dahulu.

Sebelum anda benar-benar ingin membeli motor tersebut, maka ada baiknya bila anda bilang pada si pelapak agar si motor boleh anda test. Namun bila anda rasa ada masalah pada mesin seperti bunyinya kurang sempurna maka bisa di pastikan si motor harus di servis dahulu, tapi jika setelah anda test si motor masih enak suaranya dan lancar seperti masih baru, maka dapat di pastikan si motor masih layak, baik kondisinya, dan cocok untuk di beli pastinya.

Memilih suatu barang adalah suatu hal yang menyenangkan namun juga membingugkan, namun bila anda faham akan cara memilihnya, maka anda akan terminimalisir atas suatu hal yang tidak anda inginkan di kemudian hari nantinya. Jadi bijaklah memilih sebelum membeli. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Sekian dan terima kasih atas kunjunganya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *