Bahaya Modifikasi Komponen Motor

Posted on

Hai para netizen setia, jumpa lagi dengan saya. Di pagi yang cerah dan indah ini, saya ingin menuliskan artikel yang membahas tentang bahaya modifikasi bagian tertentu motor. Secara umum pasti kalian sudah sering melihat motor yang di modifikasi dengan berbagai bentuk yang cukup unik dan sangar tentunya. Namun, hal tersebut sebenarnya hanya akan membuat si motor menjadi rusak secara perlahan – lahan karena tidak memenuhi standar pabrik yang di tentukan.

Selain itu, taukah anda? Motor yang telah di modifikasi akan cepat rusak komponen – komponenya, karena tidak relevan dengan komponen yang lainya. Namun masih banyak saja orang yang tidak menyadari akan hal ini, justru mereka malah berlomba – lomba untuk memodifikasi motor dengan berbagai bentuk yang unik dan menarik perhatian orang yang memandang.

Padahal faktanya, kebanyakan orang yang memandang akan merespon negatif atas pemodifikasian motor yang cenderung tidak karuan. Karena, cenderung membuat motor menjadi bersuara tidak karuan akibat pengantian knalpot, mesin, dll.

Menurut pengalaman saya, orang yang memodifikasi motor hanya mementingkan suara, bentuk, kecepatan, mesin, dll. Namun, mereka cenderung lali akan pentingnya mesin yang notabenenya harus selalu dalam kondisi standart dan tidak boleh di modifikasi dengan berbagai komponen yang kurang relevan dengan mesin motor.

Kondisi yang seperti ini sudah sepatutnya kita hindari dan sadari, kecuali dalam taraf dan kondisi yang tepat. Sebab, hanya akan merugikan diri sendiri dan motor yang kita miliki. Maka, di sini saya tidak akan panjang lebar lagi. Agar tidak penasaran langsung saja simak ulasan mengenai, bahaya memodifikasi  bagian tertentu motor.

Bahaya memodifikasi bagian tertentu motor

  1. Modifikasi mika lampu bening

Mika lampu bening adalah salah satu modifikasi motor yang sering di gunakan untuk menambah kesan keren dan agresif pada si motor. Namun, modifikasi seperti ini hanya akan berdampak negatif bagi pengendara lain. Yakni lampu yang kita gunakan akan bertambah silau bagi pengendara lain yang ada di sekitar kita.

  1. Modifikasi ban kecil harian

Modifikasi ban kecil memang akan membuat motor lebih lincah, keren, sporty dan gaul tentunya. Namun, penggunaan ban kecil seharusnya tidak boleh di gunakan setiap hari. Karena motor yang kita gunakan akan berkurang daya keseimbanganya. Sehingga akan berimbas pada saat mengendarainya. Yakni akan tersa tidak imbang dan mudah jatuh, apalagi ketika berbelok di tikungan yang tajam.

  1. Modifikasi strobo dan sirine

Strobo dan sirene adalah modifikasi yang sering di terapakan untuk touring karena akan memberikan kesan penuh perhatian. Padahal modifikasi ini hanya boleh di gunakan untuk ambulan dan mobil polisi saja.

  1. Modifikasi spion kecil

Spio kecil adalah modifikasi untuk meningkatkan kesan keren dan elegan pada motor , padahal tidak ada fungsinya. Karena spion kecil akan memantulakan gambar kurang baik dan jelas.

  1. Modifikasi lepas sein motor

Melepas sein motor adalah salah satu modifikasi yang tak jarang di lakukan oleh pada rider sejati, namun hal ini tidak seharusnya di lakukan. Karena akan berbahaya bagi sendiri dan orang lain ketika berbelok.

  1. Modifikasi handgrip alumunium

Modifikasi handgrip dengan alumunium memang akan meningkatkan kesan elegan dan keren, namun hal ini akan sagat berpangaruh pada sistem kendali yang licin jika tangan berkeringat dan hujan. Sehingga akan meningkatkan resiko terjadinya kecelakaan.

  1. Modifikasi potong rangka

Modifikasi jenis ini biasa di sebut old school. Yakni memotong rangka bagian belakang. Tujuanya agar dimensi motor terlihat lebih kompak ketika adi pasangi dengan jok bermodel single seater. Namun, hal ini akan membuat kesetabilan motor menjadi berkurang.

  1. Modifikasi spakbor belakang

Memotong spakbor memang akan menambah kesan keren, sporty dan agresif tentunya. Namaun, hal ini akn berimbas ketika musin hujan atau melewati jalan berair. Yakni air akan terciprat ke pengendara lain di belakang kita. Sehingga akan tergangu konsentrasi dalam mengontrol mototornya.

Itulah beberapa hal yang tidak boleh sembarangan di modifikasi, karena akan berimbas negatif pada si motor dan rider lain. Jadi usahakan jangan semena – mena dalam memodifikasi motor anda. semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. sekian dan terima kasih atas kunjunganya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *