Akibat Jarang/Lupa Mengganti Oli

Posted on

Sepeda motor sama dengan teknologi yang lainnya, yaitu membutuhkan perawatan agar sepeda motor itu bisa bekerja dengan maksimal dan bisa lebih awet dan tidak mudah rusak. Sepeda motor memang harus mendapatkan perawatan yang rutin dan harus sangat teliti dalam merawatnya. Terutama dalam kinerja mesin, sepeda motor akan bekerja dengan maksimal jika mesin motor bisa terawat, yaitu dengan menggunakan oli mesin dengan kualitas yang bagus. Akibat jarang mengganti oli sangatlah banyak, sepeda motor ketika di kendarai akan terasa tidak nyaman.

Merawat mesin kendaraan mudah, namun dalam praktek-nya cukup sulit untuk di kerjakan, yaitu ada orang yang malas untuk melakukan service motor atau mengganti oli dengan rutin. Jika kita terlambat mengganti oli atau lupa dalam mengganti oli, akibatnya akan cukup berbahaya pada sepeda motor terutama pada performa kinerja mesin.

Itu semua dikarenakan oli dijadikan sebagai pelumas mesin yang memiliki fungsi agar tidak mudah terjadi gesekan antar komponen, oli juga dijadikan sebagai pendingin mesin. Dengan menggunakan oli sepeda motor akan, atau kendaraan lainnya ketika berjalan akan terasa sangat lancar dan pastinya juga akan nyaman digunakan.

Nah pada artikel dari saya kali ini akan membahas tentang resiko apabila jarang mengganti oli sepeda motor. Nah berikut adalah beberapa yang sering terjadi pada sepeda motor jika Anda telat atau lupa mengganti oli sepeda motor:

1. Mesin Menjadi Kasar

Akibat Jarang/Lupa Mengganti Oli

Akibat jarang mengganti oli yang pertama jika telat atau lupa dalam mengganti oli mesin pada sepeda motor yaitu mesin akan menjadi kasar. Jika oli masih baik atau bagus dan volume-nya masih sempurna atau belum berkurang, akan terasa sangat jelas yaitu ketika dijalankan mesin akan terasa nyaman dan suaranya halus. Jika oli sudah jelek atau volume pada oli sudah mulai berkurang akan terasa yaitu akan terasa getaran yang keras pada mesin dan itu menunjukan kalau oli harus diganti.

2. Mesin Panas atau Overheating

Akibat Jarang/Lupa Mengganti Oli

Oli berfungsi sebagai pendingin mesin. Jika oli volume-nya sudah berkurang, maka oli tidak akan bisa mendinginkan mesin dengan sempurna atau pendinginan pada mesin akan menjadi lambat pada saat mesin sedang panas. Jika terus dibiarkan maka komponen mesin akan menjadi rusak. Salah satu dari komponen yang rusak yaitu head silinder akan melengkung, dengan begitu head silinder harus diganti

3. BBM menjadi Boros

Akibat Jarang/Lupa Mengganti Oli

Resiko yang selanjutnya dari Akibat jarang mengganti oli adalah boros BBM, ketika oli sudah kotor atau volume-nya sudah habis maka, mesin akan memakan bahan bakar sangat banyak dan cepat sehingga menjadikannya boros bahan bakar. Itu semua dikarenakan pada saat mesin sedang menyala maka akan terjadi gesekan antar komponen mesin yang kasar dan keras. Akibatnya mesin akan berat sehingga menjadikan mesin membutuhkan bahan bakar yang lebih.

4. Kinerja Mesin Menjadi Menurun

Kemudian resiko lainnya Akibat jarang mengganti oli performa mesin akan menjadi berkurang, karena fungsi oli sangatlah vital. Jika oli sudah tidak bagus maka akan sangat berpengaruh pada kinerja mesin, dan secara otomatis performa mesin akan menurun.

5. Usia Mesin Menjadi Pendek

Usia mesin sangatlah erat kaitannya dengan kondisi oli. Jika oli jarang diganti maka umur pada mesin akan menjadi lebih pendek dalam arti akan mudah rusak.

6. Seker Ngancing

Kondisi ini sangatlah berbahaya apabila ketika sedang digunakan jalan seker ngancing secara tiba-tiba maka resikonya kendaraan akan berhenti dengan tiba-tiba dan macet.

7. Komponen Mesin Rusak

Jika kondisi ini terjadi pada sepeda motor maka komponen tersebut harus diganti dengan komponen yang baru. Tentu saja hal ini akan mengeluarkan biaya yang lebih banyak. Misalnya yang sering terjadi adalah pada bantalan dinding silinder, poros engkol dan masih banyak lagi.

8. Turun Mesin

Kemudian resiko yang terakhir adalah turun mesin. Jika kita jarang mengganti oli dan terlalu sering terjadi masalah pada mesin sehingga menyebar pada komponen lainnya. Sehingga diperlukan penggantian komponen mesin yang baru. Dan solusinya adalah dengan melakukan penurunan mesin. Namun proses ini membutuhkan biaya yang cukup besar.

Akibat Jarang/Lupa Mengganti Oli

Yah itu tadi adalah Akibat jarang mengganti oli atau resiko jika kita jarang atau lupa mengganti oli sepeda motor. Jika masih saja lupa atau malas dalam mengganti oli maka resikonya akan sangat besar dan mengharuskan biaya yang lebih banyak dari sebelumnya. Semoga dari artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian semuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *