6 Pertanda Gejala Komstir Sepeda Motor Yang Bermasalah

Posted on

Sepeda motor kini bukanlah menjadi alat transportasi yang asing lagi bagi kita semua, pasalnya sepeda motor kini sudah menjadi alat teransportasi yang banyak digunakan oleh orang terutama di Indonesia ini. Hal tersebut mungkin sudah dapat kita buktikan dengan banyaknya jumlah kendaraan bermotor yang melintas di jalanan umum yng jumlahnya tidak sedikit lahi namun sangatlah banyak.

Dan yang tidak kalah pentingnya lagi pasti dari kita semua juga telah memiliki sepeda motor yang terkadang jumlahnya lebih dari satu. Sepeda motor memang sengaja dirancang untuk dapat memudahkan manusia dalam mengerjakan berbagai pekerjaanya seperti berpergian ke suatu tempat, bekerja, membawa barang, dan masih banyak lagi fungsi yang lainya.

Gejala Komstir Yang Bermasalah

Kendaraan beroda dua atau yang lebih dikenal disebuat dengan sepeda motor kini juga disebuat dengan raja jalanan hal tersebut dikarnakan sepeda motor lebih banyak mendominasi jalan raya. Selain karna harganya yang cukup murah atau terjangkau dibandingan dengan kendaraan beroda empat seperti mobil, sepeda motor juga merupakan alat transportasi yang cukup peraktis dan fleksibel untuk dibawa kemana – mana. Dengan teknologi mesin yang kian hari semakin baik dan canggih, saat ini sepeda motor  juga sudah dapat diandalkan untuk berkendara degan jarak tempuh perjalanan jauh seperti lintas provinsi. Mungkin saat ii sudah banyak kita temui cukup banyak sekali sepeda motor yang bervolume silinder yang lebih besar dan juga memakai sistem pwndigin water cooler.

Gejala Komstir Yang Bermasalah

Dengan adanya sepeda motor seseorang akan jauh lebih mudah untuk dapat menjalani berbagai aktivitasnya seperti menempuh suatu jarak dan berpergian, jalan – jalan dan yang lainya. Kepemilikan terhadap sepeda motor tentu harus juga harus diimbangi dengan perawatanya yang benar. Karena dengan seiring lamanya waktu penggunaan sepeda motor dapat dimungkinkan terjadi beberapa kerusakan pada beberapa komponen sepeda motor. Kerusakan yang terjadi pada sepeda motor tentu akan mengurang beberapa kinerja sepeda motor tersebut dan juga akan menganggu kenyamanan serta keamanan pengendaranya ketika di jalanan. Kondisi sepeda motor yang kurang baik juga akan sangat berpengaruh terhadap beberapa aktivitas yang anda jalani sehari – hari seperti berangkat ke kantor, menuju ke suatu tempat, dan yang lain – lainya.

Gejala Komstir Yang Bermasalah

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang komstir yang bermasalah. Komstir yang bermasalah sering kali membuat hadiing sepeda motor menjadi terganggu, banyak sekali orang yang tidak mengetahui tentang gejala komstir yang rusak, sehingga pengecekan hanya terfokus pada seputar roda sepeda motor.

Komstir yang bermasalah sebenarnya sudah dapat dideteksi sejak awal. Terdapat beberapa ciri – ciri dapat dikenali sebagai tanda bahwa komstir sudah harus dalam perawatan. Berikut ciri – ciri komstir yang bermasalah.

  1. Getar

Pada umumnya getaran akan terasa di saat kendaraan melaju dengan kecepatan yang tinggi. Di saat kendaraan melaju dengan getaran yang tinggi maka komstir yang mengalami  permaalahan akan timbul rasa getar pada setang dan getaran tersebut bahkan trasa sampai ke badan.

  1. Suara

Ciri – ciri yang selanjutnya adalah timbulnya suara gemelutuk pada sektor setang terlebih – lebih di saat melewati jalan yang berlubang atau bergelombang atau juga di saat melakukan pengereman.

  1. Rem Blong

Kerusakan yang terjadi pada komstir juga membuat adanya gap atau jarak di saat akan menggunakan rem depan. Akibatnya, jarak anatara pengereman akan berubah, bahkan efeknya akan seperti rem yang blong karna rem tidak pakem saat akan dipakai.

  1. Oblak

Dampak kerusakan pada komstir juga membuat keausan pada pelor bearing, setelah lama dibiarkan, akan timbul gejala kelongaran terutama di saat pelor tersebut sudah mulai akan lepas. Hal tersebut menjadikan komstir menjadi tidak lagi stabil sehingga dudukan setang akan berasa oblak dari as di bagian tengah.

  1. Kemudi Liar

Setang yang sulit untu dikendalikan biasanya menjadi pertanda awal  adanya kerusakan yang terdapat pada komstir. Biasanya ketika akan berbelok stang akan sedikit melawann artinya setang susah untuk dikendalikan.

  1. Berat

Dalab beberapa sistuasi tertentu, kerusakan yang terjadi pada komstir juga dapat membuat putaran setang menjadi berat saat bermanuver. Hadling sepea motor akan terasa kaku sehingga pengendara akan kesulitan di saat akan berputar atau berbelok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *